Lima SD Muhammadiyah 4 Raih Silver Medal Lomba Innovation and Technology di Bangkok

SURABAYA, HNN — Lima siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) berhasil meraih Silver Medal dalam lomba Inovasi Internasional tingkat Umum di Bangkok. Tim "Scientist Boy" yakni dari Iswara Muhammad Krisna, Rayyan Alkhalifi Bayuandra, Arya Alvariza Rizqialamsyah, Satria Wikrama Janitra Aryasatya, dan Aditya Arya Maulana Irawan. Mereka menciptakan inovasi bernama ARTURE shoes-SMARTFUTURE shoes, sebuah sepatu pintar yang bertujuan membantu para lansia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

ARTURE shoes-SMARTFUTURE shoes memiliki kemampuan untuk mendeteksi ketika pemakainya jatuh dan dapat melacak lokasi mereka. Iswara Muhammad Krisna, salah satu anggota tim, menjelaskan, "Fungsinya untuk mencegah dan mendeteksi jika ada orang tua atau nenek kakek yang jatuh. Nanti bazarnya akan berbunyi dan mengirim notifikasi ke aplikasinya kita."kata Iswara senin,(12/2/2024).

Tim ini berhasil menyabet medali perak dalam ajang bergengsi International Intellectual, Invention, Innovation and Technology Exposition 2024 di Thailand Inventor's Day 2024.

Edy Susanto, Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, menyatakan kebanggaannya atas prestasi anak-anaknya. "Ini merupakan sebuah kelebihan yang luar biasa kalau berkompetisi dengan orang dewasa. Anak-anak mendapatkan silver medal," ungkapnya. 

Dengan dukungan teknologi yang sangat bermanfaat, inovasi mereka diharapkan dapat membantu banyak orang tua yang membutuhkan.

Tim "Scientist Boy" berencana untuk mengembangkan ARTURE shoes-SMARTFUTURE shoes lebih lanjut. Mereka berharap dapat mematenkan produk ini dan mengajukan proposal kepada pemerintah untuk mendapatkan dukungan dalam proses produksi massal. "Nanti kita patenkan dan sampaikan ke pemerintah untuk bisa dibantu untuk sosialisasi atau untuk pemasarannya," tambah Edy Susanto.

Dengan keberhasilan ini, Tim "Scientist Boy" dari SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menunjukkan bahwa usia bukanlah penghalang untuk meraih prestasi. Mereka menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berinovasi dan berprestasi di kancah internasional. (Rif)

Editor : Redaktur

Hukum   

Terdakwa Sebut Narkoba Dari Aditya Tahanan Lapas Porong

Asnar Riyono alis Pentong diseret di Pengadilan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Darwis dari Kejaksaan Negeri Surabaya terkait perkara peredaran gelap Narkotika jenis Sabu yang dikendalikan oleh Narapidana di Lapas Porong…