Kabupaten Jember Tuan Rumah Peringatan HPN PWI Jatim 2024

Rapat koordinasi antara PWI Jember, Diskominfo Jember dan PWI Jatim terkait HPN 2024
Rapat koordinasi antara PWI Jember, Diskominfo Jember dan PWI Jatim terkait HPN 2024

JEMBER, HNN - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember.

Untuk memantapkan kegiatan tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur bersama PWI Kabupaten Jember dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jember menggelar rapat koordinasi (rakor) di kantor PWI Jatim, Jumat (5/1/2023).

Baca Juga: PWI Pamekasan: Bukan hanya Kades, Kepsek Kerap Jadi Sasaran Oknum Mengaku Wartawan

Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim menjelaskan, tema HPN 2024 adalah Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa.

Menurut Cak Item, panggilan akrab Lutfil Hakim, Jember dipilih sebagai tempat peringatan HPN 2024 karena selama ini perayaan HPN belum pernah dilakukan di wilayah Timur.

"Selain itu, Jember juga memiliki potensi besar di wilayah Jatim," kata Cak Item didampingi Sokip Sekretaris Panitia HPN Jatim dan pengurus PWI Jatim lainnya.

Menurut dia, pelaksanaan HPN 2024 itu akan digelar dengan berbagai rangkaian acara. Untuk, di Surabaya, selain digelar music jazz juga turnamen golf serta seminar.

“Sementara, untuk di Jember digelar orientasi Keorganisasian Kewartawanan (OKK), seminar, jalan sehat, Baksos, diklat jurnalistik, city tour wisata Jember, pameran UMKM, dan lainnya,” tambah Cak Item.

Sementara itu, Ketua PWI Jember Sugeng Prayitno mengapresiasi pilihan PWI Jatim menjadikan Jember sebagai tuan rumah perayaan HPN 2024.

Baca Juga: Pers Diminta Ikut, Menjaga Kondusifitas Keamanan Untuk Pemilu 2024

Sebab PWI Jember sudah mengusulkan agar Jember menjadi tuan rumah HPN sejak dua tahun lalu.

Selain itu, Pemkab Jember juga sudah mendukung agar Jember bisa menjadi tuan rumah saat itu.

Namun ternyata PWI Jatim sudah menunjuk Kabupaten Kediri sebagai tuan rumah HPN tahun 2023.

"Alhamdulillah, usulan kami bisa terlaksana di tahun 2024 ini, kami bersama Pemkab Jember siap mendukung kegiatan HPN 2024, ini suatu kebanggaan menjadi tuan rumah," ucap dia.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024, Kapolres Lumajang Gandeng PWI

Pria yang akrab disapa Supra itu berharap agar pelaksanaan HPN itu bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jember Boby Ary Sandi menilai dengan menjadi tuan rumah HPN 2024, menjadi peluang untuk memperkenalkan Jember.

"Ini adalah satu kesempatan untuk mengenalkan Jember ke luar melalui teman-teman pers," ucap dia.

Pihaknya bersama PWI Jember dan PWI Jatim akan lebih intens berkomunikasi untuk mensukseskan HPN Jawa Timur 2024 di Kabupaten Jember.(d@3ng)

Editor : Redaktur