Istimewa, UNESA Menjadi Penyumbang Medali Paling Tinggi Kontingen Indonesia di AUG XXI 2024

SURABAYA-HNN - Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya menjadi perguruan tinggi yang menyumbang 13 medali terbanyak dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024, sekaligus menjadi yang terbanyak diantara 136 universitas lainnya yang ikut dalam ajang yang sama di Indonesia.

"Dari 126 medali emas, 97 perak dan 71 perunggu yang diraih kontingen Indonesia, mahasiswa Unesa menyumbang 13 emas, tujuh perak dan lima perunggu," kata Cak Hasan, sapaan akrabnya kepada awak media.

Baca Juga: Fantastis, Indonesia Pecahkan Rekor Perolehan Medali Dalam Dua Edisi ASEAN University Games

Lumbung mengeruk medali medali emas bagi mahasiswa unesa itu di dapat dari cabor Petanque, Renang, Wushu dll.

Sebagai apresiasi, lanjutnya, seluruh peraih medali dalam Pekan Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu mendapat beasiswa, bahkan untuk jenjang starta satu (S1) dibebaskan dari skripsi.

Baca Juga: Banyak Kejutan Terjadi di UNESA Petanque Internasional Tournament 2024

"Mahasiswa kami yang mendapatkan medali akan diberi beasiswa, untuk S1 juga dibebaskan untuk skripsi, sedangkan yang sudah lulus dan lanjut ke S2 akan dibebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sampai lulus," ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) itu.

Cak Hasan menambahkan, bahwa Unesa berkomitmen untuk terus memfasilitasi semua mahasiswa agar terus meraih prestasi di bidangnya masing-masing, termasuk dalam hal olahraga yang memang sudah menjadi identitas kampus.

Baca Juga: Megawati Antarkan Putri Jakarta BIN Juara Seri Pertama Final Four PLN Mobile Proliga 2024

"Ada beberapa atlet Unesa yang ikut AUG juga masuk di Puslatda, ada juga yang dipersiapkan untuk Sea Games dan ASEAN Games. Para mahasiswa ini, mereka sangat rajin latihan karena kami memfasilitasi semua dengan harapan sukses prestasi di bidang olahraga sekaligus akademisnya," ujar Prof Dr Nurhasan.


"Intinya tugas para atlet di Unesa, latihan, latihan, latihan dan belajar," tambahnya.(Mochammad Fasichullisan)

Editor : Redaktur