Komandan Puspenerbal Berikan Briefing Akhir Latopsla Aspek Udara TA.2024

Puspenerbal, HNN - Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) sekali Direktur Latihan, Laksda TNl Sisyani Jaffar memberikan Briefing Akhir pada Evaluasi dan Kaji Ulang Latihan Operasi Laut Aspek Udara TA. 2024 yang digelar di Gedung Brahmastra, Pangkalan Udara TNl AL, Juanda, Rabu (10/7/2024).

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Wadan Puspenerbal, Laksma TNl Bayu Alisyahbana, lnspektur Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, Katim Penilai, Katim Penasihat, Katim Evaluasi, Danwing Udara 2, Sankolat Penerbal, dan Kafasharkan Pesud, para perwira, bintara, dan tamtama Puspenerbal peserta latihan.

Baca Juga: Wakil Komandan Puspenerbal Hadiri Tupdik Dikbrevet TNI AL dan Kursus Peperangan Laut Khusus

Direktur Latihan (Dirlat) mengatakan, Latopsla Aspek Udara 2024 yang kemarin Rabu (9/7) sukses melaksanakan Manuver Lapangannya, merupakan suatu keharusan, seiring dengan bertambahnya penugasan operasional khususnya operasi laut dan pesawat udara TNI AL, sekaligus sebagai wahana untuk mengukur hasil pembinaan kemampuan Penerbangan TNl AL dalam bidang personel, materiil, operasional, dan latihan serta penggunaan alutsista.

Untuk meningkat kualitas dan profesionalisme personel Penerbangan TNl AL, diperlukan latihan yang terukur dan berlanjut, mulai dari peningkatan kemampuan perorangan sesuai kualifikasinya juga latihan kerja sama dalam satu tim maupun antar tim, begitu juga alutsista pesud-pesudnya harus selalu dalam keadaan serviceable dan laik terbang.

Baca Juga: Komandan Puspenerbal Hadiri Lomba Menembak Kapolda Jatim Cup 2024

"Latihan kesiapan Latopsla Aspek Udara TNl AL TA 2024 ini bertujuan untuk menyelenggarakan fungsi dukungan pesawat udara, pembinaan materiil dan personel penerbangan TNl AL sebagai sub Sistem Senjata Armada Terpadu atau (SSAT), latihan ini juga, sedapat mungkin memberikan dampak yang positif," terangnya.

Selain itu kanjutnya, untuk mengaplikasikan segala jenis pembinaan di lapangan, juga dapat memberikan isyarat kepada semua pihak bahwa penerbangan TNl AL senantiasa siap sedia untuk hadir di laut dalam rangka pengamanan perairan yurisdiksi nasional dan menegakkan kedaulatan NKRI.

Baca Juga: Panitia HUT ke-68 Penerbangan Angkatan Laut Resmi Dibubarkan

Komandan Puspenerbal menilai, secara garis besar latihan ini berjalan sukses, kendala dan kekurangan yang terjadi selama latihan hendaknya dapat dievaluasi dan dicarikan solusinya serta dijadikan masukan kepada pimpinan TNl AL untuk kesempurnaan latihan selanjutnya.

"Penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Latopsla Aspek Udara TA 2024, atas dedikasi, loyalitas serta semangat yang ditunjukkan, sehingga latihan ini dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar tanpa ada kerugian personel maupun materiil," pungkasnya.

Editor : Redaktur