Sambut Kedatangan Pesud, Wing Udara 3 Biak Gelar Acara Penerimaan Dua Pesud Alih Bina

Puspenerbal, HNN - Guna menyambut kedatangan dua pesawat udara (Pesud) Alih Bina dari Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda yakni, Pesud CN 235-200 MPA P-8306 dan Helikopter AS 565 MBE Panther HS 1303, Wing Udara 3 Puspenerbal Biak menggelar acara penyambutan di Hanggar MMF Bandara Frans Kaisiepo Biak Numfor, Biak, Kamis (4/7/2024).

Komandan Wing Udara 3 Puspenerbal Biak, Kolonel Laut (P) Ahmad Novam Hajaruman beserta Pimpinan TNI-Polri dan Forkopimda Wilayah Biak serta stakeholder bandara melaksanakan penerimaan dua Pesud tersebut dengan Tradisi pecah kendi dan penyiraman bunga pada _Nose_ Pesud CN 235-200 MPA P-8306.

Baca Juga: Rekualifikasi Penggunaan Hoist untuk Rescue, Ronud 400 WU 2 Puspenerbal Memantapkan Keterampilan SAR

Pesud CN 235-200 MPA P-8306 sebelumnya telah mendarat pada hari Rabu 03/07/2024 pada pukul 17:15 WIT di bandara Frans Kaisiepo Biak disambut dengan Tradisi Water salute, yang disambut langsung oleh Komandan Wing Udara 3 dan Pejabat Utama Angkatan Laut wilayah Biak.

Kehadiran penambahan alutsista dijajaran Wing Udara 3 Puspenerbal Biak ini, selain meningkatkan kekuatan dan kemampuan Wing Udara 3 juga meningkatkan efektivitas dan efesien kegiatan operasi di wilayah Timur Indonesia.

Perimbangan kekuatan Pesud TNI AL di Wing Udara 3 akan terus dilaksanakan secara bertahap seiring dengan kebijakan pembangunan postur TNI Angkatan Laut berdasarkan program direncanakan.

Baca Juga: Danpuspenerbal Hadiri Peresmian Submarine Machinery Propulsion System Simulator

Dalam sambutannya Komandan Wing Udara 3 mengatakan, saat ini Wing Udara 3 menerima satu unit Pesud CN 235-220 MPA nomor lambung P-8306 dan satu unit Helikopter AS 565 MBE Panther nomor lambung HS-1303, sehingga jumlah unsur yang dimiliki Wing Udara 3 berjumlah 4 pesawat udara.

"Diharapkan dengan bertambahnya unsur operasi ini dapat meningkatkan kemampuan Wing Udara 3 dalam menjaga kawasan yurisdiksi Nasional Indonesia, khususnya di wilayah timur
Indonesia," harap Danwing Udara 3.

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Sosialisasi Batas Kontrol Ruang Udara Indonesia dan Singapura Tahun 2024

Selain itu Pj.Bupati Biak yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Biak Bapak Fransisco Olla dan Wakil Ketua DPRD Biak, Anita Kabarek menyambut positif penambahan Alutsista dijajaran Wing Udara 3, dan berharap agar mampu melaksanakan tugas dengan baik serta berdoa agar senantiasa diberikan kelancaran maupun kesuksesan dalam setiap misi yang dilaksanakan saat melaksanakan prosesi penyiraman Pesud.

Mengakhiri sambutannya, Komandan Wing Udara 3 berharap dengan adanya penambahan alutsista di jajaran Wing Udara 3 dapat mendukung kegiatan operasi secara maksimal di wilayah timur Indonesia dengan dukungan dari berbagai pihak meliputi Satuan dijajaran TNI dan POLRI maupun instansi sipil serta masyarakat luas, sehingga tercapai tujuan bersama menuju kejayaan NKRI.

Editor : Redaktur