Wushu Sumbang Dua Emas Lagi Untuk Kontingen Indonesia

SURABAYA, HNN - Tampil dengan atlet andalan di nomor Taulo, yakni Calista Alexandra Setiawan dan Hanamaira Alinskha Wushu Indonesia kembali menyumbang dua medali emas pada gelaran Asean University Games (AUG) XXI 2024 Indonesia yang berlangsung di Ubaya Sport Center, Surabaya, Sabtu 29 Juni 2024.

Dua emas itu disumbang oleh Calista Alexandra Setiawan di nomor Taiji Jian putri, dan emas lainnya disumbang oleh Hanamaira Alinskha di nomor Nan Dao Putri.

Baca Juga: Fantastis, Indonesia Pecahkan Rekor Perolehan Medali Dalam Dua Edisi ASEAN University Games

Di nomor Taiji Jian Putri Calista Alexandra Setiawan tampil sebagai pemenang usai mengumpulkan poin 9.480, diikuti Teo Yu CXuan dari Singapura yang meraih poin 9.470, dan perunggu diraih Zefanya Adelia Sidharta asal Indonesia yang meraih poin 9.453.

Sementara di nomor Nan Dao Putri, Hanamaira Alinskha berhasil tampil sebagai juara usai meraih 9.480 poin. Sedangkan perak diraih Lee Sze Min Josephine dari Singapura yang meraih 9.466 poin.

Tak hanya itu, Indonesia juga mendapat tambahan satu perak dari Hendy Irmanto Juan yang tampil di nomor Taiji Jian Putra usai meraih poin 9.470 Ia harus mengakui keunggulan Cah Jun Kai dari Singapura yang meraih emas usai mendapat poin 9.476. Sementara perunggu diraih Tay Yu Xuan dari Singapura dengan poin 9.460.

"Ini hari kedua alhamdulillah puas banget dengan hasilnya ada pressure karena peserta sedikit jadi bener-bener ingin nomor satu. Tadi deg-degan juga karena di kejuaraan sebelumnya lawan dia juga jadi sudah dipersiapkan maksimal aja," ungkap Hanamaira.

Sementara itu, Alexandra Calista Setiawan mengaku, dirinya berusaha tampil lebih yakin di hari ini setelah pada hari pertama di nomor Taiji Quan ia hanya meraih perak.

Baca Juga: Istimewa, UNESA Menjadi Penyumbang Medali Paling Tinggi Kontingen Indonesia di AUG XXI 2024

"Kuncinya lebih yakin sama diri sendiri kalau bisa melakukan sebaik saat latihan," kata Calista.

Sementara itu, Manajer Wushu Indonesia Sherly Hoediono mengaku bangga melihat penampilan atletnya yang terus mendulang medali emas.

"Kalau tim Indonesia main maksimal semua, ada yang sama dengan latihan dan ada yang lebih baik dari latihan," ungkap Sherly.

Baca Juga: Banyak Kejutan Terjadi di UNESA Petanque Internasional Tournament 2024

Ia mengatakan, capaian ini tak lepas dari kerja keras seluruh atlet yang berlatiy maksimal.

"Kalau dengan capaian kali ini menurut saya negara yang datang tidak terlalu banyak, kemudian Indonesia full tim, dengan hasil ini memang sudah seharusnya. Ke depan harus ditingkatkan sehingga bisa berprestasi di tingkat lebih tinggi seperti Sea Games dll," pungkasnya.

Dengan tambahan dua emas ini, maka total sudah delapan emas yang disumbang oleh wushu bagi Indonesia. Ditambah, enam perak dan empat perunggu.( Mochammad Fasichullisan)

Editor : Redaktur