Rahmat Irianto Mahasiswa UNESA Pembawa dan Penyulut Api ASEAN University Games XXI

SURABAYA, HNN - Opening Ceremony atau upacara pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa se ASEAN atau AUG ke XXI SurabayaMalang Indonesia 2024 telah selesai dilangsungkan. Bertempat di GOR Basket Internasional UNESA Surabaya pada Selasa (25/06/2024), Rahmat "Ryan" Irianto tampil sebagai pembawa dan penyulut obor ASEAN University Games XXI 2024.

Acara dibuka dengan video singkat tentang pelaksanaa AUG.

Baca Juga: Fantastis, Indonesia Pecahkan Rekor Perolehan Medali Dalam Dua Edisi ASEAN University Games

Serangkaian acara berjalan dengan lancar termasuk defile kontingen dari tiap-tiap negara peserta. Rangkaian tersebut kemudian ditutup dengan penyalaan kaldron api ASEAN University Games XXI 2024 oleh salah satu legenda sepakbola Tanah Air, Rahmat Ryan Irianto yang tak lain Mahasiswa FIKK UNESA Surabaya.

Jelas bukan tanpa alasan Rahmat Ryan Iriabto dipilih untuk membawa api obor sekaligus menyulutkan ke Kaldron pada ASEAN University Games XXI Surabaya Malang Indonesia kali ini. Rahmat "Ryan " Irianto yang juga putra sulung legenda sepakbola Persebaya dan Indonedia H. Bejo Sugiantoro ini memiliki nama besar sebagai salah satu pesepakbola terhebat Tanah Air.

Ryan mengawali karier bersama klub amatir di Surabaya, PS Indonesia Muda (IM)

Baca Juga: Istimewa, UNESA Menjadi Penyumbang Medali Paling Tinggi Kontingen Indonesia di AUG XXI 2024

Kemampuannya mengolah si kulit bundar terus terasah hingga ia dipanggil untuk memperkuat tim sepakbola Jatim di ajang nasional baik POPDA, POPNAS hingga ke timnas U16, U19, U23 Timnas Senior.

Dari sana, perjalanan kariernya sebagai pesepakbola mulai menanjak hingga saat ini. UNESA sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi yang berkomitmen memajukan olahraga sekaligus peduli dengan atlet berprestasi, tak pelak langsung memberinya bea siswa kepada Ryan. Tak tanggung tanggung bintang sepakbola Indonesia ini di berinya beasiswa hingga S3.

Usai menyalakan api AUG XXI Ryan mengaku bangga atas kepercayaan pemerintah dalam hal ini pihak UNESA yang memberinya kesempatan istimewa ini.

Baca Juga: Banyak Kejutan Terjadi di UNESA Petanque Internasional Tournament 2024

"Saya ikut bangga menjadi bagian dari ASEAN University Games XXI 2024 yang di selenggarakan di Surabaya dan Malang. Apalagi tampil di hadapan para pendidik dan magasiswa dari seluruh ASEAN," Ucap Ryan.

Ryan berharap, dengen menyalanya api AUG bisa membakar emosi jiwa para atlet Indonesia untuk meraih prestasi tertinggi.( Mochammad Fasichullisan)

Editor : Redaktur