Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Akhirnya Terhindar dari Posisi Juru Kunci

PONTIANAK, HNN - Untuk kesekian kalinya klub legendaris voli Indonesia, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia resmi gagal ke final four pada gelaran PLN Mobile Proliga 2024. Tim milik perusahaan produsen pupuk ini pada laga regulernya untuk sementara di posisi ke enam dari tujuh peserta. Dan hanya berada satu setrip di atas Livin Mandiri yang kini menduduki juru kunci. Pada laga menentukan tersebut Gresik Petrokimia harus bermain lima set dengan tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri 3-2 (25-23, 25-17, 21-25, 15-25, 15-13) di GOR Terpadu A. Yani Pontianak, Jumat (21/6/2024).

Pada laga seri keempat putaran kedua itu, Petrokimia yang dilatih Risco Herlambang sejatinya unggul dua set terlebih dulu. Namun, Livin mampu menyusul set ketiga dan keempat, bahkan akhir set kelima, Livin mampu unggul lebih dulu 13-12, tetapi diselesaikan Petrokimia 15-13.

Baca Juga: Fantastis, Indonesia Pecahkan Rekor Perolehan Medali Dalam Dua Edisi ASEAN University Games

Dengan hasil itu, Petrokimia terhindar dari posisi juru kunci di klasemen akhir puataran reguler. Gresik Petrokimia dan Livin, sama-sama baru menang satu laga sepanjang musim ini. Dengan kemenangan itu, Petrokimia mengumpulkan dua kemenangan dan masih menyisakan satu laga melawan Jakarta Electric PLN, Sabtu (22/6/2024). Sedangkan Livin sudah menyelesaikan 12 laga.

"Kita sayangkan pada akhir set kelima. Dengan dua sentuhan saja dari pemain Petrokimia kita kalah," ujar pelatih Livin Mandiri, M. Anshori usai laga.

Menurut Anshori, harusnya anak asuhnya bisa memenangkan laga tersebut. "Tapi receave kita tidak bagus," tuturnya lagi.

Sementara itu, pelatih Petrokimia, Risco Herlambang, mengaku harusnya tim asuhannya tidak perlu bermain sampai lima set.

Baca Juga: Istimewa, UNESA Menjadi Penyumbang Medali Paling Tinggi Kontingen Indonesia di AUG XXI 2024

"Tetapi anak-anak selalu kesusul karena banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Risco.

Dengan sudah unggul dua set di awal, Risco mengatakan timnya harusnya lebih tenang dan fokus. "Karena kurang tenang dan tidak fokus itu, angka kesusul terus," lanjutnya.

Petrokimia akan menjalani laga melawan Electric PLN. Bagi tim BUMN itu, laga melawan Petrokimia menjadi hidup mati. Pasalnya, tim asuhan Chamnan Dokmai harus memenangkan laga versus Petrokimia agar lolos final four.

Baca Juga: Banyak Kejutan Terjadi di UNESA Petanque Internasional Tournament 2024

"Apapun kita harus berusaha menang menghadapi PLN," pungkas Risco.

Jadwal Sabtu (22/6/2024):
Jam 14.00 WIB: Garuda-LavAni (putra)
Jam 16.00 WIB: Petrokimia-PLN (putri)
Jam 18.30 WIB: Pertamina-STIN BIN (putra).(Mochammad Fasichullisan)

Editor : Redaktur