Mantapkan Kualifikasi, Danwing Udara 3 Biak Terbang Malam di Helideck Simulator

Puspenerbal, HNN - Komandan Wing Udara 3 Puspenerbal Biak, Kolonel Laut (P) Ahmad Novam Hajaruman melaksanakan pemantapan kualifikasi terbang malam take off landing dengan helikopter AS365 N3+ Dauphin Basarnas di Helideck Simulator dan Shelter Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda tadi malam.

Kegiatan ini di awali dengan Brifieng Seluruh Crew helikopter AS365 N3+ Dauphin dan di lanjutkan Preflight Check untuk kesiapan pesawat sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan Keselamatan Terbang dan Kerja sebelum melaksanakan penerbangan malam hari.

Baca Juga: Rekualifikasi Penggunaan Hoist untuk Rescue, Ronud 400 WU 2 Puspenerbal Memantapkan Keterampilan SAR

Menurut Danwing Udara 3, Penerbangan malam hari ini memerlukan keahlian dan perhitungan yang tepat dikarenakan jarak pandang dan kondisi di sekitar terbatas, serta dipengaruhi juga oleh pencahayaan lampu lampu di sekitar area tempat landing.

Baca Juga: Danpuspenerbal Hadiri Peresmian Submarine Machinery Propulsion System Simulator

"Pilot harus bisa lebih fokus agar tidak terjadi miss persepsi akibat adanya pengaruh lampu lampu yang dapat menimbulkan tipuan mata sehingga menuntut Pilot dan Crew untuk melaksanakan tugas dengan profesional dan sesuai prosedur," terangnya.

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Sosialisasi Batas Kontrol Ruang Udara Indonesia dan Singapura Tahun 2024

Dalam pelaksanaan kegiatan penerbangan tersebut Komandan Wing Udara 3 didampingi Kapten Laut (P) Baron sebagai Second Pilot.

Editor : Redaktur