KONI Jatim Sambut Kunjungan  Konjen China Untuk Kerja Sama Pembinaan Olahraga

SURABAYA, HNN - Konsulat Jenderal (Konjen) China, Xu Yong, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur, Surabaya, Jumat 14 Juni 2024. Xu Yong disambut langsung oleh Ketua KONI Jatim M Nabil yang didampingi oleh jajaran pengurus.

Ketua KONI Jatim, M Nabil mengatakan kunjungan kerja ini merupakan kunjungan balasan setelah KONI Jatim mengawali kunjungan ke Konjen China.

Baca Juga: Pelepasan Atlet Muaythai Jatim, Tryout ke Thailand

Dalam pertemuan ini, ia mengatakan, KONI Jatim memperkuat hubungan dan melakukan penjajakan kerja sama dalam pengembangan olahraga untuk jangka panjang. Sehingga, akan ada dampak positif bagi pengembangan olahraga Jatim ke depan.

“China ini ada lembaga keolahragaa yang cukup lama berdiri, kemudian alat ukur lain karena China mendominasi di event olahraga dunian seperti juara umum Asean Games, di Olimpiade selalu 3 besar ada standar keberhasilan. Mereka punya pelatih berkompeten, kemudian lebih simpel dan pembiayaan lebih murah,” ungkap Nabil.

Selain itu, dari hasil beberapa cabang olahraga yang dikirim ke China selalu pulang dengan hasil positif. Hal itu terbukti dari prestasi di PON maupun internasional saat membela Indonesia.

Baca Juga: Ketua Koni Jatim Resmi Kukuhkan Pengurus Koni Kota Kediri Masa Bakti 2023-2027

Bahkan, dalam menyambut PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara, KONI Jatim memberangkatkan beberapa atlet dari beberapa cabor ke China untuk melakukan pemusatan latihan. Antara lain Selam, Sepatu Roda, Senam, Wushu, Angkat Besi.

“Ke depan kami juga akan melakukan kerja sama dengan Badan Olahraga Nasional China sehingga proses pembinaan semakin kuat dan nantinya lebih mudah. Kalau saat ini kan hubungannya masih dari masing-masing cabor,” kata Nabil.

Baca Juga: Ketua KONI Jatim Melepas Peserta Tour de Panderman Hari Bhayangkara ke-78

Sementara itu, Xu Yong menyampaikan apresiasi atas kerja keras KONI Jatim selama ini dalam pembinaan olahraga. Terlebih selalu melibatkan China.

Ia berkomitmen untuk melakukan kerja sama lebih yang tentu tak hanya menguntungkan bagi KONI saja tapi juga bagi China. “Saya senang mendengar beberapa cabor menjalin kerja sama dengan beberapa kota di China untuk melakukan pelatihan khusus. Semoga dengan kerja sama ini bisa memberi manfaat. Selamat berlatih semoga bisa meraih hasil terbaik di PON,” kata Xu Yong. (*)

Editor : Redaktur