Air Crew Heli HS-1305 Terima Penghargaan Tanda Jasa UN Medal dari PBB

Puspenerbal, HNN - Air Crew Heli HS-1305 yang tergabung dalam Satuan Tugas MTF TNI Konga XXVIII-O UNIFIL 2024 menerima penghargaan tertinggi UN (United Nations) Medal dari PBB dalam Upacara Medal Parade yang diselenggarakan di Dermaga Beirut, Lebanon pada Rabu (12/6/2924) kemarin.

Penganugerahan dan penyematan tanda jasa UN Medal ini sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi, kontribusi dan peran aktif dalam tugas menjaga perdamaian dunia di Lebanon.

Baca Juga: Wakil Komandan Puspenerbal Hadiri Tupdik Dikbrevet TNI AL dan Kursus Peperangan Laut Khusus

Hal tersebut sesuai dengan mandat PBB dan dinyatakan berhak memperoleh penghargaan tersebut langsung dari PBB.

Upacara penganugerahan dan penyematan UN Medal dipimpin langsung oleh MTF Commander, Rear Admiral Dirck Gartner, serta dihadiri juga oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Tohari, Asisten Operasi KASAL Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan serta Lebanese Armed Forces (LAF) Navy Commander, Rear Admiral Haissam Dannaoui.

Pada upacara tersebut MTF Commander menyematkan UN Medal kepada perwakilan Prajurit Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL yaitu Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu selaku Komandan KRI Diponegoro-365 dan Kapten Laut (P) Rangga Birawa selaku Captain Pilot Heli Panther HS-1305, Skuadron 100 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Baca Juga: Komandan Puspenerbal Hadiri Lomba Menembak Kapolda Jatim Cup 2024

MTF Commander dalam amanatnya secara pribadi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Prajurit Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL atas segala kinerja dan pencapaian prestasi yang luar biasa membanggakan yang telah ditorehkan selama menjalani misi perdamaian di Lebanon.

Menurut Rear Admiral Dirck Gartner, penganugerahaan UN Medal ini, merupakan bentuk penghargaan dari PBB atas kontribusi terbaik yang telah dilakukan dalam menstabilkan seluruh area of maritime operation UNIFIL.

Baca Juga: Panitia HUT ke-68 Penerbangan Angkatan Laut Resmi Dibubarkan

Pada kesempatan itu juga, dimanfaatkan oleh Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O untuk mempersembahkan tampilan-tampilan kesenian dari Indonesia sebagai bentuk Diplomasi Budaya serta menyuguhkan beberapa makanan khas Indonesia.

Seluruh tamu undangan tampak sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan Medal Parade tersebut.

Editor : Redaktur