Ziarahi TMP 10 November dan TMB TNl AL Gebang Jelang HUT ke-68 Penerbal 2024

Puspenerbal, HNN - Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November Mayjen Sungkono Surabaya dan Taman Makam Bahagia (TMB) TNl AL Gebang, Juanda, Sidoarjo pada Selasa (11/6/2024).

Ziarah di dua TMP secara see bersamaan ini, dihelat Puspenerbal dalam rangka menyambut perayaan HUT ke-68 Penerbangan Angkatan Laut (Penerbal) tahun 2024, dimana setiap tanggal 17 Juni, diperingati sebagai Hari Penerbangan Angkatan Laut.

Baca Juga: Mantapkan Kualifikasi, Danwing Udara 3 Biak Terbang Malam di Helideck Simulator

Komandan Puspenerbal, Laksda TNl Sisyani Jaffar memimpin pelaksanaan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga di TMP 10 November Jl. Mayjen Sungkono Surabaya, sementara itu untuk pelaksana Ziarah di TMB TNl AL Gebang, Sidoarjo dipimpin Komandan Kolat Penerbal, Kolonel Laut (P) Muhammad Mashabi.

Tampak hadir Irpuspenerbal, Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, Dirops Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Catur Sigit, Dirpers Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Ma'arif, Danlanal Juanda yang juga Ketua Panitia HUT ke-68 Penerbal, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, Danwing Udara 2, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah, Kafasharkan Pesud, Kolonel Laut (T) Johny Setiawan.

Hadir juga para Pengurus PG Jalasenastri Puspenerbal, perwakilan perwira, bintara dan tamtama Penerbangan Wilayah Surabaya serta perwakilan Warakawuri Penerbangan Angkatan Laut, diantaranya Ny. Elly Ahmad Ichsan istri dari Alm Laksda TNl Ahmad Ichsan, Ny. Rosalinawati Simorangkir istri dari Almarhum Laksda TNl M. Simorangkir.

Dalam kegiatan tersebut, diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta mengenang jasa-jasa pahlawan, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara di Tugu Monumen TMP Sepuluh November.

Usai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Komandan Puspenerbal diikuti para pejabat utama Puspenerbal dan seluruh peserta ziarah di pusara para pahlawan yang berada di TMP 10 November dan diakhiri dengan penyerahan bingkisan dan taliasih kepada para petugas pemakaman TMP 10 10 November.

Baca Juga: Komandan Puspenerbal Serahkan 58 Hewan Kurban Usai Solat Idul Adha 1445 H

Komandan Puspenerbal mengatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam leluhur, para pejuang yang ada diarea TMP ini, merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan menjelang HUT ke-68 Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2024.

Maksud dan tujuan kegiatan ini lanjutnya, adalah untuk menyambung batin dan mendoakan para leluhur pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurutnya kegiatan ini juga merupakan bentuk penghormatan para prajurit Penerbangan TNI AL kepada para pahlawan yang gugur saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ini.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa para pahlawannya. Menziarahi dan menaburkan bunga di atas pusara para pahlawan merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan," terangnya.

Baca Juga: Skuadron Udara 100 WU 2 Puspenerbal - RSPAL dr. Ramelan Gelar Latihan EMU dengan Hoist

Selain sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan, ziarah kubur ini juga sebagai pengingat bahwa setiap manusia akan menghadapi kematian.

Mengingat mati atau hari akhirat lanjutnya, bukan semata-mata hanya dalam pikiran dan angan-angan saja, tetapi juga terwujud dalam perbuatan sehari-hari dengan melaksanakan ibadah dan amal soleh sesuai tuntunan agama.

”Kita harus selalu ingat bahwa manusia akhirnya akan berpulang kepada Allah SWT, sehingga jangan lupa tugas kita selama hidup ini, yaitu adalah beriman dan beramal soleh," pungkasnya.

Editor : Redaktur