Kafasharkan Pesud Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Jawa Timur

Puspenerbal, HNN - Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Pesawat Udara (Kafasharkan Pesud) Kolonel Laut (T) Johny Setyawan Sofiandi mewakili Komandan Puspenerbal, Laksda TNl Sisyani Jaffar menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tingkat Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo No.7, Kecamatan Genteng Surabaya, Sabtu (1/6/2024).

Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024" ini, dipimpin Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Baca Juga: Mantapkan Kualifikasi, Danwing Udara 3 Biak Terbang Malam di Helideck Simulator

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Menurut Pj. Gubernur Jatim, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Baca Juga: Komandan Puspenerbal Serahkan 58 Hewan Kurban Usai Solat Idul Adha 1445 H

Pj. Gubernur Jatim mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Baca Juga: Skuadron Udara 100 WU 2 Puspenerbal - RSPAL dr. Ramelan Gelar Latihan EMU dengan Hoist

Menurutnya, kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Ideologi Negara yaitu Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila memiliki makna sebagai dasar untuk mempersatukan bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Editor : Redaktur