Crew Heli HS-1305 Kenalkan Alutsista Pesawat TNl AL Kepada Pelajar Lebanon

Puspenerbal, HNN - Crew Helikopter AS 565 MBe HS-1305 yang onboard di KRI Diponegoro-365 dalam misi Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL, mengenalkan Pesawat Udara sebagai salah satu Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNl AL kepada masyarakat dan pelajar Lebanon yang berkunjung ke KRl yang tengah sandar di Dermaga Beirut pada Minggu (26/5/2024).

Keberadaan Kapal Perang Indonesia KRI Diponegoro-365 dan Heli Panther HS-1305 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL di Lebanon, selain untuk misi penjaga perdamaian, juga mengemban misi diplomasi ke dunia internasional.

Baca Juga: Mantapkan Kualifikasi, Danwing Udara 3 Biak Terbang Malam di Helideck Simulator

Hal tersebut menimbulkan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Lebanon terutama anak-anak sekolah, dimana Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lebanon bekerjasama untuk berkunjung (tour facility) ke KRI Diponegoro-365 yang sandar di Dermaga Beirut.

Sejumlah 70 siswa dan guru dari Les Scouts du Liban yang merupakan organisasi Pramuka sekolah di Lebanon ini dengan sangat antusias hadir mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan ke KRI Diponegoro-365 dan Heli HS-1305.

Baca Juga: Komandan Puspenerbal Serahkan 58 Hewan Kurban Usai Solat Idul Adha 1445 H

Para siswa disambut dengan hangat oleh Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu beserta seluruh Prajurit. Pada momen tersebut, Crew Heli HS-1305 berkesempatan untuk dapat memperkenalkan salah satu Alutsista canggih yang dimiliki oleh Pusat Penerbangan TNI AL yaitu Helikopter AS 565 MBe Panther dari Skuadron 100 Wing Udara 2.

Para siswa mendapat penjelasan tentang karakteristik teknis, peralatan dan kemampuan-kemampuan yang dimiliki Heli Panther hingga misi yang dilaksanakan selama penugasan di Lebanon.

Baca Juga: Skuadron Udara 100 WU 2 Puspenerbal - RSPAL dr. Ramelan Gelar Latihan EMU dengan Hoist

"Hal ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan kekuatan Alutsista yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut serta untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para siswa sekolah di Lebanon" ujar Kapten Laut (P) Rangga Birawa selaku Captain Pilot yang turut mendampingi.

Selain melaksanakan tour facility, para Prajurit juga melaksanakan diplomasi pariwisata dan budaya dengan menampilkan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia antara lain video Wonderful Indonesia, suguhan Kuliner Tradisional, Tari Dayak, Tari Tanduk Majeng, Tari Saman, Rampak Gendang serta penampilan Tim Band.

Editor : Redaktur