Wing Udara 2 Puspenerbal Operasikan Heli Basarnas Siaga SAR Idul Fitri 1445 H

Surabaya, HNN - Guna melaksanakan Siaga SAR Lebaran Idul Fitri 1445 H di wilayah Banyuwangi- Bali, Helikopter Basarnas AS365 N3+ Dauphin HR-3603 lepas landas dari helipad Sarang Gurita Skuadron Udara 400 Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal, Pangkalan TNl AL Juanda Minggu (7/4/2024).

Helikopter Basarnas AS365 N3+ Dauphin HR-3603 ini, dipiloti oleh Kapten Laut (P) Ardy Agustinus Paath dan Lettu Laut (P) A. Q. Tuffa, heli mengudara menuju ke wilayah Banyuwangi-Bali.

Baca Juga: Asah Kemampuan, Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Gelar Latihan Terbang Malam

Menurut Komandan Wing udara 2 Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah, kegiatan yang rutin dilaksanakan ini, ditujukan untuk memantau situasi arus mudik lebaran yang meliputi wilayah Ketapang Gilimanuk selama beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Fun Bike dan Baksos Pangkotama TNl AL Wilayah Surabaya Jelang HUT ke-68 Penerbangan TNl AL

"lni sebagai bentuk wujud profesionalisme TNI sekaligus memastikan perjalanan arus mudik masyarakat berjalan aman dan lancar," terang Danwing Udara 2 Puspenerbal ini.

Dalam pelaksanaannya, Danwing Udara 2 berpesan agar para Air Crew yang melaksanakan kegiatan operasi Standby Lebaran, agar tetap menjaga keselamatan penerbangan dengan sebaik mungkin hingga penugasan selesai.

Baca Juga: Dipimpin Kasal, Komandan Puspenerbal Hadiri Peringatan Tiga Tahun Gugurnya Prajurit Nanggala-402

Menurutnya, Helikopter AS 365 N3+ ini merupakan salah satu helikopter yang memiliki kemampuan SAR, sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan dapat melaksanakan pertolongan pertama sesegera mungkin. Tidak hanya itu, dalam operasinya, personil dari Basarnas juga turut serta sebagai bentuk sinergitas antar instansi.

Editor : Redaktur