Latihan Menembak Pistol, Komandan Puspenerbal : Perhatikan Faktor "TABIAT"

Surabaya, HNN - Meski dalam susana menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNl Sisyani Jaffar tetap beraktifitas, salah satunya berlatih menembak pistol yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Sugeng Hardjo Taruno, Lanudal Juanda, Jumat (22/3/2024).

Menurut Komandan Puspenerbal, dalam latihan menembak harus memperhatikan berbagai faktor, salah satunya faktor "TABIAT", yang artinya, Tahan Nafas, Bidik dan Tembak.

Baca Juga: Cek Smartphone, Komandan Lanudal Juanda Pastikan Personelnya Tak Terlibat Judol dan Pinjol

Gerakan nafas saat kita melakukan penembakan terangnya, harus terkontrol, caranya yaitu dengan rutin melakukan latihan pernafasan, sehingga perkenaannya tepat sasaran. Menarik picunya pun harus ditekan lembut bukan dihentak, agar arah laras lurus kedepan bukan ke bawah.

"Setenang apapun nafas kita, seakurat apapun bidikan kita, kalau kita kasar dalam menarik picu senjata, pasti menghasilkan sasaran tembak yang kurang sempurna," kata orang Nomor Satu dijajaran Puspenerbal ini.

Untuk menjadi petembak yang baik, lanjut Danpuspenerbal, selain latihan rutin diperlukan juga olahraga dalam pengendalian emosi guna meningkatkan konsentrasi dan teknik tembakan, sehingga membuahkan hasil terbaik.

Baca Juga: Kasatbek Lanudal Juanda Hadiri Sosialisasi Rencana Pengoperasian Aviation Feul Storage

“Saya yakin seluruh prajurit Puspenerbal semuanya bisa menembak. Tetapi harus di pedomani jika ingin mendapatkan hasil yang baik. Tetap perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil, sehingga semua berjalan dengan aman dan lancar,” terangnya.

Menembak senjata ringan tambahnya, merupakan kemampuan yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh setiap prajurit, karena menembak adalah modal utama seorang tentara.

Baca Juga: Antisipasi dan Meminimalisir Pelanggaran, Komandan Lanudal Manado Sidak HP Prajurit Tidur Dalam

Latihan menembak ini dilaksankan dengan tujuan untuk melatih, mengasah serta memelihara kemampuan yang sudah dimiliki oleh masing-masing prajurit.

Hadir dalam latihan kali ini Inspektur Puspenerbal, Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, Direktur Logistik Puspenerbal, Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari, Komandan Denma Puspenerbal, Letkol Marinir Parison Siregar dan Kadispen Puspenerbal, Letkol Laut (KH) Rohman Arif dan beberpa pejabat dari PT. Angkasa Pura 1.

Editor : Redaktur