SMKN 3 Yogyakarta Lantik 647 Siswa Taruna Angkatan Ke-2

Yogyakarta, HNN - Bertempat di Lapangan SMKN 3 Yogyakarta, 20 Juni 2024, sebanyak 647 siswa kelas X (Putra 566 Orang dan Putri 81 orang) dilantik menjadi Taruna dalam Upacara Pelantikan Taruna Angkatan Ke 2 SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun 2024. Para siswa tersebut sebelumnya telah mengikuti pendidikan Program Ketarunaan selama 1 tahun pada masa sekolah kelas X setiap seminggu sekali. Selama setahun, para siswa dalam program ketarunaan mendapatkan berbagai hal, dimulai dari Kesamaptaan, Cek Kesehatan/Posturisasi Tubuh, Baris-berbaris, Kerohanian, dan materi ruang yang berisi tentang materi-materi yang mendukung peningkatan kompetensi dan soft skills siswa.

Kepala SMK Negeri 3 Yogyakarta, Widada, S.Pd, M.Pd, menyatakan bahwa sebagai taruna yang telah resmi dilantik, para siswa dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, dan profesionalisme. “Di pundak kalian terpikul harapan besar untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan berintegritas. Jadikanlah setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, serta senantiasa berpegang pada prinsip-prinsip moral dan etika. Seperti semboyan Taruna Skagata, Wira Paramartha Swakarya Bumintara, yang artinya Pemuda yang berkarakter, berbudi mulia, mandiri, dan siap berkarya untuk negeri” ungkap Widada.

Baca Juga: SMK Negeri 3 Yogyakarta Gelar Pelepasan Purnasiswa bagi 619 Siswa

Program Ketarunaan yang diadakan oleh SMKN 3 Yogyakarta merupakan salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa menjadi anak yang baik, santun, dan bermartabat. Program Ketarunaan merupakan sebuah program pengembangan karakter, internalisasi dan penerapan soft skill siswa yang dilakukan setiap seminggu sekali semenjak kelas X hingga kelas XII yang disesuaikan dengan permintaan industri agar menjadi lulusan siap didik dan siap pakai sesuai dengan kebutuhan industri.
Dalam program ini, siswa diharapkan dapat menerapkan:
Etika berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Integritas Diri, meliputi; kejujuran, disiplin, komitmen, dan tanggungjawab.
Etos Kerja, meliputi; disiplin, menghargai waktu, inisiatif, jujur dan bertanggungjawab, memiliki dedikasi yang tinggi, perhatian terhadap detail (teliti), terbuka terhadap saran dan masukan. Bekerja secara mandiri dan/atau secara tim
Kepedulian sosial dan lingkungan. Ketaatan terhadap norma dan agama
Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH). Prosedur Operasional Standart (POS) yang berlaku di dunia kerja.

Kedelapan hal tersebut diterjemahkan dalam 5 Program Ketarunaan SMK Negeri 3 Yogyakarta, yaitu:
Kesamaptaan.
Dalam kegiatan kesamaptaan, para siswa diberikan pelatihan fisik agar kebugaran siswa terjaga serta membiasakan pola hidup sehat rutin berolahraga.
Cek Kesehatan/Posturisasi
Pada kegiatan Cek Kesehatan/Posturasi para siswa dilakukan pengecekan kondisi kesehatan rutin agar terpantau perkembangan dan kondisi fisik siswa setiap saat sehingga didapatkan kondisi fisik yang ideal pada siswa.
Baris berbaris
Kegiatan Baris-berbaris merupakan salah satu aktivitas yang diambil untuk membangun pemahaman siswa dalam kerjasama tim serta kekompakan agar terbiasa dalam melakukan kegiatan bersama-sama dengan orang lain atau tim.
Materi Ruang
Dalam kegiatan materi ruang ini, para siswa diberikan materi atau narasumber yang dibutuhkan untuk internalisasi dan penerapan soft skill siswa agar memiliki motivasi perubahan untuk masa depan siswa serta mengarah ke pengembangan diri yang positif.
Kerohanian
Kegiatan Kerohanian adalah program penguatan kebiasaan beribadah serta penguatan norma-norma yang seharusnya diterapkan dalam diri siswa pada kehidupan sehari-hari.

Editor : Redaktur