Ali Affandi Ketua PB Porprov VIII Jatim, Ajak Masyarakat Untuk Mengikuti Desain Logo Porprov VIII/2023 Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

avatar Harian Nasional News
 H. M. Ali Affandi La Nyalla M. M, Wakil Ketua I KONI Jatim sekaligus Ketua PB Porprov VIII Jawa Timur
H. M. Ali Affandi La Nyalla M. M, Wakil Ketua I KONI Jatim sekaligus Ketua PB Porprov VIII Jawa Timur

SURABAYA, HNN - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim menggelar lomba desain logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023.

Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan, pengumpulan karya sayembara logo ini berlangsung mulai 26 Juli 2023 hingga 1 Agustus 2023. Oleh sebab itu, dia berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan masyarakat luas, khususnya warga Jawa Timur.

Baca Juga: Muhammad Nabil Ketua Umum KONI Jatim Terima Penghargaan Sport Achievement Award di HPN 2024

"KONI Jatim ingin melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini, karena Porprov adalah pesta olah raganya masyarakat Jawa Timur. Oleh karena itu kami berharap sayembara ini menarik antusias masyarakat Jawa Timur untuk berpartisipasi mengikuti ajang ini," katanya, Rabu (26/7).

Sementara itu Wakil Ketua I KONI Jatim sekaligus Ketua PB Porprov VIII Jawa Timur H. M. Ali Affandi La Nyalla M. M menjelaskan bahwa desain logo yang dilombakan diharapkan mengusung filosofi kebesaran masyarakat Jawa Timur, spirit optimisme dalam segala bidang, terutama olahraga.

"Logo dapat digunakan untuk memberikan pesan yang berisikan motivasi kepada seluruh pihak yang sesuai dengan apa yang diharapkan untuk meningkatkan prestasi olahraga Jawa Timur," tambah Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

Tak hanya mengumpulkan karya desain visual, namun peserta juga diminta untuk memberikan narasi terkait makna dan filosofi logo yang didesain. Nantinya peserta terbaik nantinya juga akan diminta untuk mempresentasikan makna dan filosofi logo masing-masing.

Peserta lomba desain logo ini terbuka bagi warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan menunjukkan Karta Tanda Penduduk (KTP). Peserta bisa perorangan atau grup.

"Karya yang dikirimkan berupa PSD/Corel/AI dan ekstensi JPG/PNG/PDF dengan menyertakan catatan akan makna dan filosofi logo. Kami berharap ajang ini bisa dimanfaatkan masyarakat, karena peserta tidak dipungut biaya alias gratis," beber Andi.

Baca Juga: KONI Jatim Maksimalkan Potensi Cabor Beladiri

Pendaftaran dan pengumpulan karya lomba dapat dikirimkan melalui form https://bit.ly/sayembaralogoporprov_VIII.
Setelah periode pengumpulan hasil karya yang berakhir pada 1 Agustus 2023, pengumuman kategori 10 besar dilakukan pada 3 Agustus 2023, dan dilanjutkan dengan presentasi 10 besar pada 4 Agustus 2023. Dan pengumuman juara dilakukan pada 5 Agustus 2023.

Panitia menyiapkan hadiah masing-masing untuk juara sayembara logo sebesar Rp 10 juta untuk juara pertama, Rp 6 juta untuk juara kedua, dan juara ketiga senilai Rp 4 juta.

Ditambahkannya, desain logo yang dinyatakan sebagai pemenang, hak cipta akan menjadi milik Pemprov Jatim dan KONI Jatim. Selain itu, desain logo harus karya orisinal dan belum pernah diikutkan lomba di mana pun.

Para juri untuk lomba desain ini adalah : Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof Nur Hasan, Pakar Komunikasi Universitas Airlangga Suko Widodo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga M Ali Kuncoro, Ketua KONI Jatim M Nabil, dan Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim.

Baca Juga: Koni Jatim Undang Tiga Tuan Rumah Persiapkan Porprov IX/2025

Selain lima juri ini, panitia juga meminta Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, dan Sekdaprov Adhy Karyono sebagai juri kehormatan.

“Para juri akan memilih 10 desain terbaik. Kemudian tiga besar pemenang akan dipilih langsung oleh para juri kehormatan yaitu Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Elestianto Dardak, dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono,” jelas Andi.

Porprov VIII/2023 Jatim akan digelar di Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Even ini rencananya digelar pada 9-16 September 2023 dan akan mempertandingkan/melombakan 53 cabang olahraga.(red)

Editor : Redaktur