Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H,

Polres Pasuruan Kembali Gelar Tanam Seribu Pohon

Polres Pasuruan Kembali Gelar Tanam Seribu Pohon

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan melaksanakan kegiatan Penanaman Seribu Pohon dilokasi Tahura R Soerja di Gunung Arjuna dalam rangka "Jaga Alam, Jaga Kehidupan".

PASURUAN,(HNN) - Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan kembali melakukan kegiatan penanaman bibit pohon untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam serta ekosistem tumbuhan di Kabupaten Pasuruan, dan diikuti kurang lebih 500 peserta.

Bertempat di Yayasan Kaliandra Sejati Dusun Gamo, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, tepat pada Hari Minggu (09/02/2020) Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan melaksanakan kegiatan Penanaman Seribu Pohon dilokasi Tahura R Soerja di Gunung Arjuna dalam rangka "Jaga Alam, Jaga Kehidupan".

Hadir dalam kegiatan tanam bibit pohon Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H, Dandim 0819 Pasuruan diwakili oleh Pabung Mayor Inf Suhalid, Wakapolres Pasuruan Kompol Hendy Kurniawan S.Sos, PJU Polres Pasuruan, Kadishut Jatim diwakili oleh KUPT Perhutani Pasuruan Akhmad Fadil, S.Hut, Perahi Kalpataru Mbah Sadiman, Kepala UPT Raden Soeharjo Ahmad Wahyudi S.Hut, Ketua Forumdas Ibu Sulis. 

Kegiatan sendiri diawali dengan apel bersama, dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Kapolres AKBP Rofiq Ripto Himawan kepada peserta dan ditutup dengan doa oleh KH. Dulkolaif Abusalam.

Berbagai jenis bibit pohon di tanam dalam kegiatan "Jaga Alam, Jaga Kehidupan" Tersebut, jenis pohon yang ditanam sendiri antara lain Beringin 500 bibit, Elo 200 bibit, Gondang 50 bibit, Bendo 150 bibit, Kayu manis 100 bibit, serta Sapen 100 bibit. Kapolres AKBP Rofiq dalam sambutannya  menyampaikan bahwasanya "dengan penanaman pohon ini, diharapkan dapat membantu mencegah terjadinya pemanasan Global dan juga mampu membersihkan udara dari partikel pencemaran udara," Ujarnya.

Kapolres AKBP Rofiq juga berterima kasih kepada mbah sadiman, "Mbah Sadiman ini mendapatkan Award dari Kick Endi dan banyak lagi yang membanggakan kita, sudah 3 negara yang dikunjungi dan 9 negara yang mengunjungi Mbah Sadiman itu sudah terbukti jika kita peduli dengan alam maka alam akan membuktikan kepada kita, dan dedikasi Mbah Sadiman ini juga telah di Apresiasi dari Presiden RI melalui penghargaan KALPATARU pada tahun 2016 serta penghargaan baik Nasional maupun Internasional," Lanjut AKBP Rofiq.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat juga mempunyai kepedulian yang sama terhadap lingkungan kita, sehingga alam bisa terjaga. Dan mudah-mudahan dapat mencegah perubahan iklim, bencana dan sebagainya," sambung Kapolres AKBP Rofiq.

Kapolres AKBP Rofiq juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan yang sama, dengan melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan kembali lingkungan sekitar.

"Kami menghimbau masyarakat untuk menanam dimanapun berada terutama dibantaran sungai dan ditempat-tempat yang alamnya telah rusak mari kita hijaukan kembali guna mengembalikan keseimbangan alam," pungkas Kapolres .

Nampak juga di dalam acara Head Factory East PT Sampoerna Aji Sumantoro, Manager CSR & regional Relation PT Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Kaliandra Sejati Sarifudin latif, Forkopimka Kecamatan Prigen, Kepala ADM KPH Kabupaten Pasuruan Ida Jatiaksa, Para Kyai juga Gus Bhumi Nawakartika Kabupaten Pasuruan, para relawan komunitas pecinta alam serta masyarakat.(Por)

Image