Satuan Kapal Ranjau Koarmada II Latihan Ektra Menghadapi Bulan Trisila

avatar Harian Nasional News

Bulan Trisila TNI AL di lingkungan Koarmada II  yang dicanangkan oleh Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto di awal Desember, membuat Satran (Satuan Kapal Ranjau) harus berlatih ekstra. Pasalnya kali ini, Satran yang dipimpin  Kolonel Laut (P) Bambang Kuncoro mendapat giliran penilaian oleh tim dari Kolat Koarmada II, di Lapangan Apel Satran Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat (27/12).


Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain apel pagi satuan, PBB bersenjata di tempat, penaikan bendera di KRI, latihan penyelamatan kapal dari bahaya kebakaran dan kebocoran, serta apel siang.

Baca Juga: NasDem Jatim Gelar Khotmil Quran Binnadhor: Riyadoh untuk Anies Baswesdan Presiden RI 2024


Komandan Satran memberikan beberapa penekanan ke jajarannya tentang sejarah dan makna Trisila TNI AL, yang harus diterapkan dalam tugas sehari-hari. Menurut Bambang sapaan karib Dansatran, nilai-nilai Trisila TNI AL yang terdiri dari Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer dapat dijabarkan sebagai berikut , Disiplin yakni anggota TNI AL mentaati segala aturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran untuk mengabdi. Berikutnya Hierarki yakni anggota TNI AL harus dapat menempatkan diri dan bertindak sesuai strata kepangkatan, kedudukan dan jabatan dalam organisasi.  Sedangkan yang terakhir yakni Kehormatan Militer, adalah menjunjung tinggi nama baik Angkatan Laut dan negara dengan selalu berpikir, bersikap dan bertindak atau berbuat tanpa cela.

Baca Juga: Serdik Sespimmen Polri 62 Gelar Pembelajaran Diskusi Kelompok, Ini Tujuannya


“Dengan dilandasi ketiga nilai Trisila TNI AL, maka tugas-tugas sebagai prajurit matra laut dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap pengawak organisasi. Sehingga tema Dilandasi Nilai-Nilai Trisila TNI AL Kita Bangun SDM Unggul Prajurit Matra Laut Profesional akan dapat tercapai,” ujar Bambang.

Editor : Harian Nasional News