Moh Ali Affandi, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VIII Jatim Berharap Anggaran Porprov Segera Turun

avatar Harian Nasional News
Moh Ali Affandi, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VIII Jatim
Moh Ali Affandi, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VIII Jatim

Surabaya, HNN – Belum turunnya anggaran untuk pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII 2023 membuat persiapan sedikit tersendat.

Untuk itu, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov Moh Ali Affandi mengatakan, tidak bisa akan terwujud penyelenggaraan dan pembinaan yang baik apabila tidak didukung dengan anggaran yang memadai.
Apalagi, Porprov ini menjadi salah satu jenjang yang digunakan untuk mencari bibit atlet muda berprestasi untuk kepentingan Jatim di PON 2024 dan seterusnya serta untuk kepentingan Indonesia di kancah internasional.

"Jadi sebenarnya kami menjaga prestasi bagaimana atlet itu siap menuju PON 2024 bahkan PON selanjutnya. Ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari tidak bisa 1-2 tahun saja. Sehingga wadah seperti Porprov ini harus diselenggarakan dengah baik," kata Andi, yang juga Wakil Ketua Umum KONI Jatim, Selasa (9/5).

Karena itu, dalam menyambut Porprov ini KONI Jatim sudah mengajukan anggaran sebesar Rp21,5 Miliar yang digunakan untuk seluruh rangkaian. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan.

Di mana, akan ada sejumlah hal penyiapan Porprov mulai Pra Porprov, penyiapan venues pertandingan, penyiapan akomodasi untuk panitia pelaksana dan wasit/juri, konsumsi, kesehatan, pengamanan, bantuan untuk tuan rumah penyelenggaran dan berbagai hal teknis lainnya.

"Anggaran itu peruntukannya penyelenggaraan yang utama, kemudian dampaknya pada pembinaan. Kami harap dengan wadah seperti ini muncul lebih banyak lagi atlet-atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Jatim dan Indonesia," tambahnya.

Dengan itu, ia berharap agar Pemprov dapat segera mencairkan anggaran sesuai besaran yang telah diajukan. Sehingga persiapan lebih maksimal dan hasilnya akan lebih baik.

Sementara itu dengan belum pasti turunnya anggaran Porprov dari Pemerintah Provinsi Jatim, membuat KONI Jatim memutuskan menunda ajang Pra Porprov untuk beberapa cabang olahraga seperti bola basket, futsal, dan sepakbola.
Keputusan itu tertuang dalam surat nomor 426/367/601.5/2023 yang dikeluarkan pada Jumat, 5 Mei 2023.

Seharusnya bila dana lancar, Pra Porprov digelar pada Mei-Juni sehingga kemudian KONI Kota/Kabupatan memiliki banyak waktu sebelum Porprov digelar pada September mendatang. (hms/d1n)

Editor : Redaktur

Opini   

BENIH ITU BERNAMA “‘DELEGITIMASI’”

Mencermati perkembangan politik praktis (politik kekuasaan), itu bak seni melihat kenyataan yang ada dibaliknya. Melihat gejala-gejala (clue) simptomatik di permukaan untuk memahami apa yang sesungguhnya terjadi di kedalaman permukaan tersebut…

Hukum   

Empat Terdakwa Bank Prima Dituntut 3,6 Tahun 

"Menuntut, memohon kepada majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini, menjatuhkan pidana terhadap para terdakwah dengan pidana penjara selama 3 tahun 6 bulan penjara," tutur Jaksa Bunari diruang Sari 3 PN Surabaya, Jumat (16/02/2024).…