PWI Jatim Semarakkan HPN, Gelar Seminar Dan Expo Produk UMKM di Kediri

PWI Jatim Semarakkan HPN,  Gelar Seminar Dan Expo Produk UMKM di Kediri

Surabaya, HNN - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) PWI Jawa Timur, menggelar seminar UMKM di Kampus IAIN Kediri, sekaligus menggelar Expo UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di kawasan SLG (Simpang Lima Gumul) di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, mulai Kamis (10/3/2023) sampai Minggu (12/3/2023).

Menurut Ketua Panitia HPN 2023 PWI Jatim Sokip, saat mendampingi Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, pada HPN tahun 2023 ini, PWI Jawa Timur sengaja mengambil tema UMKM sebagai backbone penguatan perekonomian nasional.

Diharapkan, dengan tema ini bisa membantu program pemerintah dalam pemberdayaan potensi masyarakat, khususnya para UMKM yang ada di Jawa Timur.

“Selain menggelar expo UMKM bagi masyarakat Jawa Timur, kami juga menyiapkan stand bagi jurnalis Jawa Timur untuk memamerkan karya jurnalistik mereka, supaya masyarakat bisa lebih tau tentang tugas dan tanggung jawab jurnalis selama ini,” ujar Sokip yang juga Wakil Ketua PWI Jatim Bidang Kerjasama ini.

Dikatakan Sokip, bahwa rangkaian peringatan HPN 2023 PWI Jatim di wilayah Kediri Raya dimulai pada tanggal 7 Maret 2023 dengan agenda sunatan massal, tanggal 9 Maret Seminar UMKM, tanggal 10 Maret 2023, digelar puncak peringatan HPN 2023 PWI Jatim di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, dengan agenda pemberian award tokoh berprestasi di tingkat regional maupun nasional.

"Dalam acara puncak nanti diharapkan bisa hadir Gubenur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Walikota Kediri Abdullah Abu, Kepala BI Kediri, M. Choirur Rofiq dan pengurus PWI se-Jatim serta undangan lain," ujarnya.

Sementara, Ketua Pelaksana HPN PWI Jatim di Kediri, Bambang Iswahyoedhi, menjelaskan, bahwa Expo UMKM yang diberi titel ‘Pers Festival’ tersebut merupakan rangkaian kegiatan HPN PWI Jatim yang dipusatkan di Kediri.

Expo tersebut, lanjut Bambang, akan menampilkan produk unggulan para pelaku UMKM se-Jawa Timur. Kemudian, juga akan digelar pentas budaya daerah, pameran produk jurnalistik, hiburan musik dan gebyar kuliner.

"Expo UMKM tersebut akan diikuti peserta dari anggota PWI se-Jatim, para pelaku UMKM, perusahaan, perbankan, lembaga pendidikan dan yang lain," kata Bambang Iswahyoedhi yang juga Ketua PWI Kediri, Kamis (23/2/2023).

Menurut Bambang, Expo atau pameran tersebut bisa digunakan sebagai media bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk unggulannya kepada masyarakat.

Selain itu, masih lanjut Bambang, melalui Expo ini, para pelaku UMKM dan masyarakat bisa saling bertemu dan bisa dijadikan sebagai media edukasi, promosi serta bertransaksi untuk produk UMKM-nya.

Bambang berharap, dengan digelarnya Expo produk unggulan UMKM ini, kedepan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setelah terhenti karena pandemi Covid 19.

"Agar produk UMKM yang diikutkan dalam expo nanti diminati masyarakat, kami menghimbau agar para pelaku UMKM sebagai peserta Expo, bisa menata stand dengan branding yang menarik. Dengan penataan stand yang menarik, tentunya akan menarik pengunjung untuk mendekat dan diharapkan bisa terjadi transaksi pembelian,"ujar Bambang yang juga Ketua PWI Kediri ini.(*)

Image