M. Abduh Mattalitti Terpilih Sebagai Ketua Ferkushi Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2023 - 2027

M. Abduh Mattalitti Terpilih Sebagai Ketua Ferkushi Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2023 - 2027

SURABAYA, HNN - Ir. M. Abduh M. Mattalitti, CES terpilih sebagai Ketua Federasi Kurash Indonesia Pengurus Provinsi Jawa Timur (Ferkushi Pengprov Jatim) masa bakti 2023-2027 secara aklamasi, Minggu, (18/12/2022), bertempat di Gedung Pertemuan Direktorat Jendral Bina Marga.

Ketua Ferkushi Pengprov Jatim terpilih, M. Abduh M. Mattalitti menyampaikan, dirinya siap memajukan Kurash Indonesia pada umumnya dan di Jawa Timur khususnya.

"Dalam waktu dekat saya akan segera membentuk kepengurusan, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Musyawarah yang telah memberikan hasil musyawarah yang terbaik,’’ ucapnya.

Tidak ingin berlama-lama, Abduh segera tancap gas mempersiapkan segala yang akan menunjang program kerja Ferkushi Pengprov Jatim, menurutnya bahwa target terdekat adalah mempersiapkan atlit untuk Pra PON dan selanjutnya akan memaksimalkan untuk diberangkatkan ke PON Aceh dan Sumatera Utara 2024, dengan target emas, tandasnya.

Sementara Mantan Ketua Umum Ferkushi Pengprov Jatim masa bakti 2018 – 2022, Dr. Irmantara Subagio, M.Kes, dalam laporannya mengatakan, musyawarah Provinsi FERKUSHI Jatim (MUSPROV) merupakan agenda kegiatan rutin 4 (empat) tahun sekali untuk pergantian kepengurusan yang telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Federasi Kurash Indonesia.

“Musyawarah Provinsi FERKUSHI Jatim tahun 2022 ini diadakan dalam rangka memilih kepengurusan periode 2023- 2027, dengan terbentuknya kepengurusan yang baru, berbagai kegiatan dapat direncanakan dan ditindaklanjuti pada tahap implementasi, sehingga semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dapat merasakan manfaatnya,’’ ujarnya.

Musyawarah Provinsi FERKUSHI Jatim tahun 2022, dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ferkushi Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin yang juga mantan Pangdam Iskandar Muda dalam sambutannya mengatakan, “Kepengurusan Kurash Provinsi Jawa Timur di bawah pimpinan Ir. M. Abduh M. Mattalitti, CES, diharapkan ke depannya dapat meraih prestasi, baik nasional maupun internasional,” tandasnya.

Pengurus Besar Federasi Kurash Indonesia , kini terus melakukan pengembangan jaringan organisasi, mulai dari pusat hingga tingkat kabupaten sekalipun. Dengan target menjadikan kurash sebagai cabang perlombaan di semua level kujuaraan olahraga multi event di tingkat Nasional hingga internasional.

“Dengan dukungan kuat dari KONI se Indonesia, kita terus bergerak untuk membesarkan kurash dan ini juga harus didukung dengan soliditas internal yang kini terus kita bangun. Insya Allah semua sesuai dengan target dan harapan, yaitu membumikan kurash di Indonesia,” pungkas Hafil.

Untuk diketahui, Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal dari wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

Gerakan dasar olahraga Kurash ini menyerupai olahraga beladiri Gulat dan olahraga beladiri Judo, hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

Olahraga Kurash sendiri masuk ke Indonesia sejak tahun 2011, yang dikenalkan oleh International Kurash Association (IKA). Namun dalam perkembangannya, Kurash menjadi salah satu cabang olahraga di Indonesia.

Meskipun Kurash sebenarnya merupakan salah suatu olahraga beladiri paling populer di Asia Tengah. Dan saat itu hanya beberapa praktisi olahraga, terutama praktisi olahraga Judo di tanah air yang belajar tentang olahraga Kurash dengan intens. (D1N)

Image