Kemendagri Sudah Tandatangani Perbup Samisade

avatar Harian Nasional News

BOGOR, HNN - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sudah menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 69 Tahun 2022 tentang Bantuan Keuangan Desa.

Dengan begitu, program bantuan keuangan infrastruktur bagi desa atau yang disebut Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap dicairkan.

"Pokoknya desa yang sudah rampung terkait Laporan Pertanggung Jawaban Samisade 2021, maka akan dapat kembali," jelas Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bogor, D. Syarif, Kamis (8/9/2022).

Syarif mengakui, program Samisade tahun 2022 ini sedikit lambat turunnya, karena adanya revisi didalam perbubnya. "Dalam pengajuan masing masing desa masih berkisar dipembangunan jembatan, peningkatan jalan desa dan TPT," akunya.

Untuk pencairan program Samisade kata dia, masih terbagi dua tahap, tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen. "Semoga dibulan ini pemerintah desa sudah dapat mencairkan dan melaksanakan," imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Leuwimalang Kecamatan Cisarua, Yayan Nuryana mengatakan, bahwa pihaknya dalam merealisasikan program Samisade tahun 2022 ini, akan melaksanakan untuk peningkatan jalan desa. "Peningkatan jalan desa ini ada di dua titik," kata kades yang pada awal 2023 ini habis masa jabatannya. (ded)

Editor : Adji

Politik   

Ketua Tim Hukum Amin : Semoga Putusan MK Mengabulkan Doa Kami

“Kami berkumpul dan berdoa. Semoga putusan di MK, betul-betul memperjuangkan dan mengabulkan dari Tim Hukum Amin. Untuk memenangkan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Andre. Jum'at (19/04/2024).…

TNI   

Panen Raya Serentak di Propinsi Jawa Timur

Ngawi, HNN - Panen raya Hari ini dilaksanakan serentak di tiga wilayah Kabupaten di Propinsi Jawa Timur dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan…