Kembangkan Sport Tourism di Situbondo, Ini Yang Dilakukan Arman Van Kempen

Kembangkan Sport Tourism di Situbondo, Ini Yang Dilakukan Arman Van Kempen

Situbondo, HNN - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa punya keinginan untuk menggabungkan Olahraga dengan Industri Wisata (Sport Tourism).

Sebagai bentuk dukungan terhadap keinginan Gubernur Khofifah, pemilik Pasir Putih Watersport Situbondo, Arman Van Kempen akan berupaya mengembangkan Sport Tourism di Situbondo, 

“Apa yang menjadi keinginan ibu Gubernur itu bagus dan harus mendapat dukungan,” kata Arman saat ditemui di sela menyaksikan pertandingan Voli Pantai Porprov VII Jatim 2022 di Pasir Putih Watersport, Situbondo, Kamis (30/6/2022).

Lapangan Voli Pantai di Pasir Putih Watersport menjadi venue Porprov VII Jatim 2022 , Gubernur Khofifah memang makin gencar mengajak seluruh pelaku ekonomi Kreatif, khususnya Pariwisata serta masyarakat pada umumnya untuk turut gencar mempromosikan Sport Tourism yang ada di berbagai Daerah di Jatim.

Saat meninjau Venue Paralayang yang berada di Kawasan Gunung Wayang Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Senin (27/6/2022) siang, Khofifah juga mengkampanyekan Sport Tourism di gelaran Porprov VII.

Melalui promosi tersebut, Khofifah berharap Sport Tourism Jatim tidak hanya terkenal di tanah air, namun juga meluas hingga mancanegara. Bukan tanpa alasan, karena potensi ini sangat menarik dan menjual.

Menurut Arman, segmen di Pasir Putih Watersport sangat bagus. Karena Wisata disini perairan. 

"Sehingga, tepat jika fasilitas olahraga disini bisa dipakai untuk Industri Wisata. Apalagi pasir putih ini sudah kami branding dengan Watersport. Sport Industrinya berjalan, industri wisatanya juga jalan. Jadi, dua-duanya bersinergi untuk bangkitnya ekonomi di Situbondo,” terangnya.

Karena itu, Arman akan mempertahankan tiga venue di Watersport, meski Porprov sudah berakhir. Tiga venue itu, lapangan voli pantai, panjat tebing dan renang perairan terbuka.

“Tiga venue itu sudah permanen. Tidak akan kami bongkar. Justru akan terus kami lakukan pembenahan dan perbaikan ke depannya,” papar ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jatim ini.

Venue-venue tersebut, lanjutnya, tetap dipertahankan karena tahun depan dia ingin menggelar Even bertaraf Nasional, bahkan Internasional di Watersport. Makin banyak even yang digelar, maka akan menambah gairah Olahraga di Situbondo.

Selain itu, akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. “Nanti, kalau disini ada gelaran Kejurnas dan Internasional, pasti kami utamakan kearifan lokal. Termasuk memanfaatkan tempat penginapan yang ada di Situbondo,” tandasnya. (*/Tri)

Image