Gubernur Jatim Luncurkan Maskot Porprov VII 2022

avatar Harian Nasional News

JEMBER, HNN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin peluncuran 5 maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/ 2022 Jawa Timur di Pendopo Bupati Jember Wahyawibawagraha, Selasa (14/6/2022).

Kelima maskot tersebut adalah, Cak Beki maskot Porprov Jatim, Si Jura maskot Kabupaten Jember, Si Rancak maskot Kabupaten Lumajang, Si Ulung maskot Kabupaten Bondowoso, dan Si Babal maskot dari Kabupaten Situbondo.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Berikan Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi

Peluncuran kelima maskot Ponprov VII/ 2022 dihadiri Bupati Jember Hendy Siswanto, Bupati Bondowoso Salwa Arifin, Wakil Bupati Situbondo Khoirani, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, Ketua KONI Jatim M Nabil, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, serta sejumlah pejabat dari Pemprov Jatim dan Pemkab Jember.

Ktua Umum KONI Jatim, Muhammad Nabil menjelaskan terkait arti dari maskot tersebut, Cak Beki melambangkan ayam bekisar adalah hewan yang bisa ditemukan di banyak daerah di Jawa Timur, sebuah gambaran keberanian, kekuatan dan kelincahan masyarakat Jawa Timur.

Maskot dari Kabupaten Jember adalah Si Jura, melambangkan Macan Raung yang berarti harimau dan bermakna perkasa, kuat, indah dan eksotik, sebuah gambaran agar atlet Jember dapat memenangkan seluruh cabang lomba.

Maskot dari Kabupaten Lumajang memakai Si Rancak, adalah kepanjangan dari Si Jaran Kencak. Maskot ini menggambarkan kesenian khas masyarakat Lumajang, adalah simbol kekuatan, ketangkasan, kelincahan, kecepatan, , dan menjunjung tinggi sportivitas.

Maskot dari Kabupaten Bondowoso adalah Si Ulung, adalah nama yang diambil dari warisan budaya, yakni Singo Ulung, maskot tersebut bermakna semangat para atlet untuk meraih prestasi.

Maskot Kabupaten Situbondo adalah Si Babal melambangkan Banteng Baluran, merupakan hewan sosial dan punya kekuatan serta gesit dan tangguh.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Resmikan Wisma Atlet GOR Sudirman

Untuk logo Porprov VII adalah logo yang digunakan setiap Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur, melambangkan Gapura khas Jatim dan obor api, sebagai kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya.

"Empat kabupaten yakni Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov VII Jatim, mulai 25 Juni hingga 3 Juli 2022," ucap M. Nabil Ketua Umum KONI Jawa Timur, dalam laporannya.

M. Nabil juga menjelaskan, di empat kabupaten tuan rumah untuk venue, mayoritas sudah siap untuk dipertandaingkan sebanyak 47 cabang olahraga, dan ada enam cabor baru yang ikut eksebisi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ucapkan terima kasih atas komitmen KONI Jatim bersama empat kepala daerah yang secara cepat dan sigap menyiapkan perhelatan Porprov VII Jatim, yang merupakan ajang penting untuk mencetak atlet prestasi tak hanya di ajang nasional saja tapi juga sampai ke kancah dunia.

Baca Juga: Sayembara Logo Porprov VIII 2023 Diikuti 800 Peserta, Dewan Juri Memilih Karya Yang Futuristik

Khofifah meminta agar Pemkab dan masyarakat dari empat kabupaten untuk mulai bersiap menyambut para peserta Porprov Jatim, sebanyak 14.486 peserta, yang terdiri atas 10.151 orang atlet, 823 tim official, dan 3.512 official cabor.

"Untuk itu para Pelaku usaha, seperti UMKM, termasuk perhotelan di empat kabupaten tuan rumah Porprov VII/ 2022, harus mulai berbenah dan bersiap memberikan penyambutan terbaik", imbuhnya.

Khofifah mengajak masyarakat empat kabupaten tuan rumah agar membangun suasana sportivitas menjadikan atlet sportif dan borderless, tidak ada suku- sukuan dan lain-lain.

"Olahraga ini saling memberikan kesetaraan perlakuan tanpa melihat suku, agama dan adat istiadat, untuk itu mari mengantar olahraga menjadi patriot pembela Pancasila dan Indonesia," tandasnya (M@l)

Editor : Redaktur

Opini   

BENIH ITU BERNAMA “‘DELEGITIMASI’”

Mencermati perkembangan politik praktis (politik kekuasaan), itu bak seni melihat kenyataan yang ada dibaliknya. Melihat gejala-gejala (clue) simptomatik di permukaan untuk memahami apa yang sesungguhnya terjadi di kedalaman permukaan tersebut…

Hukum   

Empat Terdakwa Bank Prima Dituntut 3,6 Tahun 

"Menuntut, memohon kepada majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini, menjatuhkan pidana terhadap para terdakwah dengan pidana penjara selama 3 tahun 6 bulan penjara," tutur Jaksa Bunari diruang Sari 3 PN Surabaya, Jumat (16/02/2024).…