Umar : Pemuda Harus Menjadi Garda Terdepan

Umar : Pemuda Harus Menjadi Garda Terdepan

BANGKALAN - PAC GP Ansor Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, memberikan ucapan selamat atas peringatan hari lahir bagi Bangkalan, yang tanggal 24 Oktober merayakan milad ke 488 tahun 2019.

"selamat hari jadi Kabupaten Bangkalan Ke - 488 tahun 2019".

Surprise tersebut sebagai ucapan hari jadi Bangkalan tahun 2019 dan wujud kekompakan GP Ansor Kecamatan Kwanyar dalam menjaga tradisi lokal Bangkalan serta menjaga tradisi kultural Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Bangkalan.

“Hari ini bulan Oktober, bulan luar biasa istimewa, oktober ini selain kita peringati sebagai hari kesaktian Pancasila (1 oktober, red), juga kita memperingati milad ke 488 Kabupaten Bangkalan pada 24 Oktober 2019, semoga kita semua bisa terus menjaga tradisi Bangkalan dan kultural Nahdlatul Ulama (NU),” kata Umar Sirojul Islam Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Kwanyar, Jumat (25/10/2019).

Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Maka dari dulu hingga sekarang PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kwanyar beserta kadernya masih konsisten menjaga tradisi Bangkalan, apalagi usia Kabupaten Bangkalan sekarang 488 tahun. Tentu usia tersebut sudah menjadi suatu kematangan dalam setiap aspek, lanjut Umar Sirojul Islam.

Menurutnya, dengan usia 488 tahun Kabupaten Bangkalan, Pemuda sudah sepantasnya menjadi pelopor dan garda terdepan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa, khususnya Bangkalan.

"Pemuda yang tangguh bukan larut dengan keadaan melainkan pemuda yang mampu merawat peninggalan atau ajaran para leluhur merupakan salah satu bentuk warisan yang harus dilestarikan. Sunan Cendana misalnya," kata Umar.

Sejarah Sunan Cendana, tegas dia, bisa mengilhami generasi muda dalam menelusuri dan menggali potensi-potensi lokal pada masa lalu. "untuk itu dirinya berharap dengan momentum hari Jadi Bangkalan, pemuda harus menjadi garda terdepan untuk melestarikan budaya lokal," harap Umar. (onk)

Image