Ketua DPD RI, LaNyalla Minta Pelayanan Vaksin Untuk Lansia Dipermudah

Ketua DPD RI, LaNyalla Minta Pelayanan Vaksin Untuk Lansia Dipermudah

JAKARTA, HNN - Dukungan terhadap program vaksinasi Covid-19 untuk lansia diberikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, proses pemberikan vaksin untuk lansia tidak boleh sama dengan masyarakat lainnya.

Salah satu alasan yang disampaikan LaNyalla adalah, virus Covid-19 cukup rentan bagi masyarakat lansia.  

"Proses vaksinasi untuk lansia tidak boleh sama dengan masyarakat yang usia produktif. Sebab, imunitas lansia tidak sebagus masyarakat produktif. Berarti lansia harus menghindari keramaian," katanya, Jumat (5/3/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan pemerintah agar lansia tidak sampai mengantri di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) untuk dilayani vaksinasi.

"Pemerintah harus menyiapkan faskes di seluruh wilayah agar para lansia mendapatkan pelayanan vaksin dengan cara yang lebih baik. Yang tentu saja membuat para lansia tidak harus mengantri," ujarnya,

LaNyalla menyarankan agar daerah juga dapat melaksanakan vaksinasi dengan fasilitas drive thru untuk lansia seperti yang dilakukan di Jakarta.

"Jika vaksinasi untuk lansia di Jakarta dapat dilaksanakan dengan fasilitas drive thru, berarti pelayanan ini dapat diberikan di setiap daerah. Sehingga dapat memotong antrian, dan lansia tidak berkumpul di dalam faskes," katanya.

Tidak itu saja, mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur juga meminta para nakes dan petugas pelayanan diberikan keterampilan praktis, dan dipersiapkan untuk menekan kesalahan teknis di lapangan.(*)

Image